Masker sebagai Karya Seni, Kenapa Tidak?

Hei, korban positif Covid-19 sudah nyaris  menuju ke angka 30 juta di sentero dunia. Indonesia saja sudah lebih dari 200.000. Itu baru yang terdata, bagaimana yang tidak? Bisa jadi lebih banyak lagi.

Pakai masker saja kok susah betul? Kita masih jumpa banyak orang nongkrong-nongkrong di depan rumah, pinggir jalan, bahkan kafe, sambil lepas masker. Kamu tidak sayangi nyawamu? Paru-parumu? Keluargamu?

Padahal masker kini sudah jadi karya seni, fashion keren. Kita bisa tampil gaya di tengah pandemi. Ini contohnya:

Kredit: FB Ron Arad

Selebriti sekelas Elizabeth Hurley saja memakai masker karya desainer Ron Arad. Bukan sembarang masker, sebab didesain khusus dengan potret senyum pelukis top dunia seperti Picasso, Matisse and Dalí.

Seniman Indonesia tak mau kalah. Ada seniman belia, Kiki Raihan. Masker diubahnya menjadi karya seni nan indah. Bikin pemakainya ikut menjadi ceria dan berbunga-bunga. Bahagia sembari tetap waspada, kenapa tidak? Bisa ditengok lebih jauh di akun Instagram @Merakibykikiraihan.

Ada lagi seorang dokter hewan yang berjiwa seni tinggi, drh. Wahyu Peni. Dia melukis kuda dan kucing dengan penuh kesungguhan hati.

Mau agak horor untuk membuat orang lebih waspada bahaya Covid-19? Bisa coba masker alien karya Cristina Rodo ini.

Intinya, masker itu bisa jadi media seni yang ekspresif.

Berkarya dan bergaya di era pandemi. Kenapa tidak?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Berhenti

Baca yang lain

Kenapa Seni Harus Bertahan di Tengah Pandemi?

Banyak yang nyinyir ketika ada program Bantuan Sosial (Bansos) bagi pekerja seni. “Yang terkena dampak pandem kan bukan cuma seniman, tapi banyak rakyat menengah ke

Pertama Kali Tampil Digital, Musim Seni Salihara

Kondisi pandemi cukup sudah membuat seniman mandeg, kini saatnya kembali berkarya. Komunitas Salihara paham betul ini, sehingga akan segera adakan gelaran Musim Seni Salihara secara