Malih, Seniman Betawi yang Alih Profesi

Hari ini saya mendapatkan video dari seorang seniman musik jalanan, dia mengatakan bahwa video ini mewakili kondisi para seniman atau pelaku dan pekerja seni dalam masa wabah ini.

Video singkat menggugah perasaan

Malih namanya, seorang seniman asli Betawi yang ada dalam video ini. Mengabarkan kondisinya yang berubah drastis semenjak ada pandemi. Hebatnya, dalam situasinya dia tetap optimis untuk bangkit.

Malih adalah seniman betawi dalam bidang lenong dan tari serta MC untuk pernikahan ala betawi. Malih menjaga warisan budaya leluhur dari Betawi hingga kini.

Bangkit, bangkit, bangkit. Begitu kata Malih. Meski dia harus beralih profesi jadi seorang buruh bangunan, beda jauh dengan kepandaiannya sebagai seorang seniman.

Malih Seniman Betawi

Bangkit, Bangkit dan Bangkit

Seperti kata Malih, semua pelaku dan pekerja seni sebaiknya tidak berputus asa. Mari kita bangkit bersama-sama agar kembali bisa berkegiatan seni meski dengan protokol kesehatan yang ketat.

Semoga saja, Pemerintah bisa mendengar serta memberikan solusi tentang kondisi para seniman dan pekerja seni lainnya yang sudah sedemikian menderita.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Berhenti

Baca yang lain

Kenapa Seni Harus Bertahan di Tengah Pandemi?

Banyak yang nyinyir ketika ada program Bantuan Sosial (Bansos) bagi pekerja seni. “Yang terkena dampak pandem kan bukan cuma seniman, tapi banyak rakyat menengah ke

Masker sebagai Karya Seni, Kenapa Tidak?

Hei, korban positif Covid-19 sudah nyaris  menuju ke angka 30 juta di sentero dunia. Indonesia saja sudah lebih dari 200.000. Itu baru yang terdata, bagaimana

Pertama Kali Tampil Digital, Musim Seni Salihara

Kondisi pandemi cukup sudah membuat seniman mandeg, kini saatnya kembali berkarya. Komunitas Salihara paham betul ini, sehingga akan segera adakan gelaran Musim Seni Salihara secara